Saptono Adi Junarso, Senior Executive Vice President-Listing Directorate BEIsaat mempresentasikan Papan Ekonomi Baru, pada kegiatan Workshop Wartawan Daerah bertempat di Pasuruan, Rabu (1/3/23).

PASURUAN –  Papan Pencatatan Ekonomi Baru yang dirilis 5 Desember 2022 oleh Bursa Efek Indonesia,  memasukkan tiga emiten yakni Goto, Buka dan Beli. Ketiga emiten tersebut dikenal  sebagai perusahaan  teknologi start-up platform digital.

Saptono Adi Juniarso , Senior Executive Vice President – Listing Directorate Bursa Efek Indonesia mengatakan, papan pencatatan ekonomi baru merupakan papan pencatatan yang disediakan untuk saham saham atau perusahaan berbasis teknologi yang memiliki manfaat sosial dan pertumbuhan tinggi.

“Papan pencatatan ekonomi baru  setara dengan papan utama, dengan dicatatnya Goto, Buka dan Beli dipapan utama karena ketiganya dianggap turut mendorong perkembangan teknologi digital di tanah air,” kata Sapto Adi Juniarso saat Workshop Wartawan Daerah 2023 di Pasuruan Rabu (1/3/2023)

Katanya lagi, Bursa memiliki 4 papan pencatatan sebagai listing destination saham-saham perusahaan tercatat sesuai dengan kriterianya, yaitu Papan Utama, Papan Utama Ekonomi Baru, Papan Pengembangan dan Papan Akselerasi.

““Penyediaan Papan Ekonomi Baru ini merupakan upaya Bursa dalam mendorong perkembangan perusahaan yang memanfaatkan teknologi dan ekonomi digital, sekaligus sebagai sarana branding bagi perusahaan tercatat. Selain itu, Papan Ekonomi Baru ini juga menyediakan segmentasi papan pencatatan di BEI yang merupakan sarana strategi investasi bagi investor. Investor dapat menentukan saham yang diinvestasikan berdasarkan papan pencatatan yang ada,” lanjutnya.

Saptono juga menegaskan, BEI ingin mendorong IPO perusahaan teknologi  dan unicorn digital, sebab selama ini perusahaan tersebut banyak melakukan listing diluar negeri,”Bursa Efek Indonesia masih mengadopsi aturan yang agak konvensional yaitu melihat perusahaan dari sisi asset,”tandas Saptono

Dengan dirilisnya Papan Pencatatan Ekonomi Baru diharapkan lebih meningkatkan gairah perdagangan, sementara satu sisi mendorong perusahaan teknologi bisa dilirik pasar global.

“Adanya implementasi Papan Ekonomi Baru ini dapat menjadi salah satu pendorong bagi perusahaan-perusahaan sektor new economy untuk tercatat di BEI. Selain itu, implementasi ini juga dapat menjadi sarana yang memudahkan investor dalam melakukan pengambilan keputusan investasi sesuai dengan tipe dan strategi transaksi investor”,tutup Sapto (hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *