JAKARTA Bertepatan dengan momentum bulan bahasa dan sastra yang berlangsung selama bulan Oktober, pada 15 Oktober lalu KaryaKarsa telah memasuki tahun ketiga eksistensinya sebagai rumah bagi para storyteller untuk berkarya dan berkembang baik melalui tulisan, komik, visual, audio dan karya digital lain. Dalam kurun waktu tiga tahun, KaryaKarsa berkembang pesat mulai dari pembaruan fitur di website http://karyakarsa.comdan aplikasi secara bertahap. Selain itu KaryaKarsa juga telah mendapat pendanaan awal dari investor asing yang didukung oleh Accelerating Asia, Sketchnote Partners, Canaan Valley Capital dan sejumlah investor lain. Pendanaan ini akan mendukung pertumbuhan dan perkembangan platform.

Selain itu pada 2022 KaryaKarsa membuat IP management agar para kreator dapat terus mengembangkan karyanya. Dari perkembangan tersebut, KaryaKarsa mampu mengantarkan para storyteller ke titik kesuksesan, di antaranya dukungan masif dari pembaca dan alih format karya menjadi audio series, sampai kolaborasi konten dengan public figure. Sampai saat ini telah dirilis 2 judul audio series adaptasi cerita dari KaryaKarsa, yaitu Jagad Segoro Demit dan Marriage Blues.

“Tiga tahun merupakan waktu yang tidak sebentar bagi KaryaKarsa untuk berkembang dari titik nol sekaligus napak tilas catatan perjalanan dari masa ke masa. Memasuki tahun ketiga, KaryaKarsa tidak hanya fokus mewadahi para storyteller untuk berkarya dan mempersatukan mereka dengan para pendukung, tetapi juga mendukung mereka agar lebih berdaya dengan memanfaatkan pengembangan fitur, program pengembangan kreator, kolaborasi alih format dalam program IP management, dan sebagainya.” tutur Ario Tamat, co-founder KaryaKarsa.

Dalam acara “Suka Suka: Syukuran KaryaKarsa, Sudah Ultah Ke-3” yang berlangsung pada 15 Oktober 2022 lalu, KaryaKarsa mengundang para storyteller untuk beramah tamah sekaligus merayakan pencapaian-pencapaian KaryaKarsa. KaryaKarsa berencana untuk meningkatkan kegiatan offline dan kegiatan dengan partner, termasuk menjalankan program penerbitan buku. Selain syukuran dan ramah tamah, secara khusus KaryaKarsa mengapresiasi storyteller dengan pemberian plakat kepada Citra Novy sebagai kreator yang pertama kali mendapatkan 100 ribu pendukung selama berkarya di KaryaKarsa. Melalui karyanya yang berjudul “Slowly Falling” dan “Say It First”, Citra berhasil memikat pembaca dengan romansa manis antara tokoh-tokohnya sehingga memeriahkan karya bergenre romantis di KaryaKarsa

“Saya nggak menyangka bisa dapet apresiasi dari KaryaKarsa, karena saya berangkat dari nol. Walau saya baru satu tahun mulai berkarya di KaryaKarsa, plakat ini sangat berkesan buat saya karena baru KaryaKarsa yang benar-benar menghargai kreator sampai sejauh ini. Selama berkarya di KaryaKarsa, saya merasa nyaman karena cepat tanggap, selalu mendengarkan masukan dari kreator, dan banyak fitur yang mempermudah kreator maupun pembaca. Saya harap, ke depannya KaryaKarsa selalu menjadi platform yang menghargai kreator, dan banyak fitur yang lebih menarik lagi.” tutur Citra.

Pada 15 Oktober 2022, KaryaKarsa merayakan tiga tahun eksistensinya sebagai rumah bagi para storyteller dalam acara yang bertajuk “Suka Suka: Syukuran KaryaKarsa, Sudah Ultah Ke-3” bersama para kreator. Dalam kurun waktu tiga tahun, KaryaKarsa telah berkembang pesat mulai dari pembaruan fitur secara bertahap di website dan aplikasi, mendapat pendanaan awal dari investor asing, sampai membuat IP management.

Selama tiga tahun mendukung perjalanan berkarya para storyteller, KaryaKarsa berhasil memperoleh berbagai pencapaian yang signifikan. Semenjak dimulai sebagai eksperimen dengan 100 kreator di tahun 2019, kini KaryaKarsa menaungi lebih dari 150 ribu kreator dan 1 juta user, dengan lebih dari 50 ribu cerita terbaca, baik via web, maupun aplikasi Android dan iOS. Pada tahun 2021, KaryaKarsa fokus mengembangkan kreator, Pertama dimulai dengan membebaskan biaya fee platform, sehingga para kreator bisa mendapat penghasilan penuh tanpa potongan. Kedua dengan mengadakan kegiatan pengembangan kemampuan seperti webinar, sharing session dengan komunitas, hingga kelas menulis.

Tahun ini, KaryaKarsa  fokus menjalin kerjasama, baik dengan komunitas maupun dengan pihak-pihak lain yang tentu saja tujuannya untuk terus memberdayakan kreator, salah satunya melalui kompetisi. Pada awal tahun 2022, KaryaKarsa membuat kompetisi bercerita dengan menggandeng komunitas 30 hari bercerita, selain itu KaryaKarsa juga mewadahi acara gathering “Pesta Cerita” untuk mendorong agar semakin banyak yang mau menjadi storyteller. Selain itu, KaryaKarsa juga menyelenggarakan kompetisi “Cerita dan Rasa” bersama Indomie yang disertai workshop terbuka untuk umum, serta meluncurkan fitur Kakoin yang mempermudah penggemar untuk memberikan dukungan kepada storyteller favoritnya.

Untuk kedepannya, KaryaKarsa berencana untuk terus mengembangkan manfaat IP management untuk menjangkau lebih banyak kreator, melengkapi fitur yang dapat memberikan kemudahan baik bagi kreator maupun pengguna, dan melihat potensi yang lebih luas ke daerah-daerah lain di Asia Tenggara.

“Momen ulang tahun KaryaKarsa yang ketiga merupakan wujud syukur perjalanan kami yang membuahkan harapan baru agar memperkuat posisi KaryaKarsa sebagai rumah bagi para storyteller di masa yang akan datang melalui pengembangan dan inovasi berikutnya.” pungkas Ario.(hp)

keterangan foto penulis-Citra-Novy-kiri-menerima-plakat-100-ribu-pendukung-dari-Ario-Tamat-co-founder-KaryaKarsa

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *