NEWSPEDIA.ID – Di balik layar platform eCommerce, terdapat kisah inspiratif seorang ibu rumah tangga, Ika Mardiana, atau yang akrab disapa Mak Ika. Dengan empat anak dan semangat pantang menyerah, Mak Ika berhasil menjadi #PahlawanEkonomiDigital di Lazada, mendukung keluarganya, komunitas penjual, dan masyarakat sekitarnya. Sebuah cerita menginspirasi di tengah semangat Hari Pahlawan yang baru saja berlalu pada 10 November lalu.
Awalnya, Mak Ika bersama suaminya, yang bekerja sebagai supir, menghadapi kesulitan ekonomi. Pekerjaan mereka tidak mampu mencukupi kebutuhan keluarga. Dalam usaha mencari tambahan penghasilan, Mak Ika menjalani berbagai bisnis offline, namun dengan hasil yang tidak memuaskan.
“Awalnya, kami berjualan offline dan harus melakukan perjalanan jauh setiap hari untuk mencari supplier. Saya bahkan pernah mengalami kerugian hingga seratus juta karena kecurangan salah seorang pegawai,” kenang Mak Ika.
Namun, ketekunan dan semangatnya tidak pudar. Dengan modal Rp40 juta, Mak Ika dan suaminya memutuskan untuk mencoba peruntungan di bisnis online di Lazada pada tahun 2020. Toko Mak Ika pun lahir, menyediakan berbagai barang kebutuhan rumah tangga.
“Kami beralih berjualan online di Lazada tahun 2020 karena Lazada merupakan salah satu platform eCommerce nomor satu di Indonesia. Saya yakin kalau kita mau berusaha, pasti ada hasil dan sukses yang bisa diraih di masa depan,” ujar Mak Ika dengan semangat.
Kesungguhan Mak Ika menjadikannya salah satu #PahlawanEkonomiDigital yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Di Lazada, strategi utama Mak Ika adalah memberikan layanan cepat dan responsif, kunci kesuksesan dalam bersaing dengan kompetitor.
“Saya bahkan sampai tidur di ruko dan membalas chat pelanggan hingga tengah malam agar pelanggan percaya sama toko saya,” ungkap Mak Ika.
Mak Ika juga aktif memanfaatkan fitur-fitur di Lazada, seperti Gratis Ongkir dan fitur iklan, untuk mempromosikan dan meningkatkan penjualan Toko Mak Ika. Selain fokus pada bisnisnya, Mak Ika berbagi ilmu dan pengalaman dengan sesama penjual melalui komunitas Lazada Club.
Keberhasilan Toko Mak Ika menciptakan penghasilan stabil bagi keluarganya, dan bukan hanya itu, Mak Ika juga memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Ia kini mampu menyewa gudang untuk penyimpanan barang, memiliki tempat produksi, dan mempekerjakan 20 karyawan, sebagian besar adalah ibu rumah tangga atau janda di sekitar daerah tempat tinggalnya di Cibitung, Jawa Barat.
Mak Ika memberikan pesan inspiratif, “Jangan menerapkan prinsip ‘Jualan Online untuk Sambilan’ karena hasilnya tidak akan maksimal.”
Fitriah Rahmawati, Vice President Business Development Lazada Indonesia, menambahkan bahwa Lazada terus mendukung para penjual lokal untuk meraih kesuksesan dengan menyediakan proses pendaftaran yang mudah, fitur bermanfaat, serta program edukasi melalui Lazada University dan komunitas penjual Lazada Club. Mak Ika, sebagai salah satu #PahlawanEkonomiDigital, menjadi inspirasi bagi perkembangan ekosistem digital di Indonesia.(hp)