NEWSPEDIA.ID – Sejak izin usaha Perusahaan Umum Daerah Bank Perekonomian Rakyat Karya Remaja Indramayu (Perumda BPR KRI) dicabut pada 12 September 2023, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) telah mengambil tindakan cepat dalam melakukan verifikasi dan pembayaran klaim penjaminan simpanan nasabah. Dalam waktu kurang dari 7 hari kerja, LPS telah mengucurkan sekitar Rp280 miliar kepada lebih dari 25 ribu nasabah yang terdampak.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Purbaya Yudhi Sadewa, mengunjungi Indramayu, Jawa Barat, untuk memantau langsung proses pembayaran klaim penjaminan pada Rabu (25/10/2023). Ia menyatakan, “Ini kami lakukan untuk memberikan ketenangan kepada nasabah yang memang simpanannya tertahan sudah cukup lama di bank ini. Hingga saat ini, proses pembayaran klaim penjaminan simpanan oleh LPS telah dilakukan sebanyak 3 tahap dengan total nilai sekitar Rp280 miliar milik lebih dari 25 ribu nasabah.”

Purbaya juga mengingatkan nasabah yang belum menerima pembayaran agar tetap tenang dan menunggu pengumuman pembayaran klaim penjaminan simpanan tahap berikutnya. Ia menekankan bahwa LPS siap untuk memberikan perlindungan terhadap simpanan nasabah.

LPS menjelaskan bahwa kebangkrutan BPR KRI bukan disebabkan oleh kondisi perekonomian nasional, melainkan karena masalah dalam tata kelola bisnis bank. LPS akan melakukan investigasi lebih lanjut untuk mengungkap penyebab kebangkrutan bank ini dan menindaklanjuti permasalahan hukum jika ditemukan kesalahan dalam pengelolaan bank tersebut.

Nasabah BPR KRI yang merasa lega atas pemulihan simpanan mereka juga berbagi pengalaman mereka. Ibu Sri Sunarti, seorang pensiunan ASN, menyatakan rasa syukurnya atas pengembalian simpanannya. Sementara Bapak Sudiro, seorang guru SD, menekankan pentingnya memiliki kepercayaan terhadap LPS dalam menjamin simpanan nasabah.

BPR KRI, dengan aset bank sebesar Rp 270,98 miliar, dana pihak ketiga sebesar Rp 337,17 miliar, dan jumlah rekening sebanyak 34.386 rekening, adalah BPR terbesar yang pernah ditangani oleh LPS sejak beroperasi. Nasabah BPR KRI dihimbau untuk tidak ragu menabung di bank, karena LPS siap memberikan perlindungan atas simpanan mereka.(hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *