NEWSPEDIA.ID – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) akan kembali menggelar LPS Banking Award 2023 setelah sukses pada gelaran pertama LPS Banking Award 2022. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi LPS kepada industri perbankan yang telah berperan aktif dalam memajukan sektor keuangan Indonesia.

Dalam Forum Talk Show bertema “How To Manage Crisis Communication in Banking Industry,” yang merupakan salah satu rangkaian acara LPS Banking Award 2023, Sekretaris Lembaga LPS, Dimas Yuliharto, mengungkapkan rasa terima kasih LPS kepada para pelaku industri perbankan. “Kondisi perbankan yang sehat dan stabil saat ini adalah hasil dari peran serta aktif dari para pelaku industri perbankan yang menjalankan bisnis dengan baik dan prudent. Kami mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada perbankan nasional,” kata Dimas.

Selain sebagai bentuk penghargaan, LPS Banking Award 2023 juga bertujuan untuk sosialisasi program penjaminan simpanan kepada masyarakat. Dimas Yuliharto menekankan pentingnya kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan. “Melalui LPS Banking Award 2023, kami berharap kepercayaan masyarakat terhadap industri perbankan semakin meningkat, sehingga mereka yakin bahwa simpanan mereka di bank aman dan dijamin oleh LPS,” jelasnya.

Penghargaan ini diberikan kepada bank-bank yang telah aktif dan inovatif dalam mendukung literasi keuangan serta menyosialisasikan program penjaminan LPS. Selain itu, bank-bank penerima penghargaan juga diharapkan patuh dalam pelaporan SCV (Suspicious Customer and Transaction Report) dan laporan lainnya kepada LPS, serta aktif dalam pemanfaatan media digital.

Kategori LPS Banking Award 2023 meliputi:

  1. Bank Teraktif Dalam Kegiatan Literasi Keuangan
  2. Bank Teraktif Dalam Inisiatif Sosialisasi LPS
  3. Bank Terinovatif/Terunik Dalam Inisiatif Sosialisasi LPS
  4. Bank Terbaik Dalam Laporan Kepatuhan SCV (khusus bank umum)
  5. Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Dalam Kepatuhan Pelaporan Ke LPS

Dewan juri yang akan menilai para pemenang LPS Banking Award 2023 terdiri dari individu berpengalaman di industri keuangan, seperti Priyanto Budi Nugroho (Direktur Eksekutif Surveilans, Pemeriksaan, dan Statistik LPS), Anika Faisal (Sekretaris Jenderal Perhimpunan Bank Swasta Nasional), Tedy Alamsyah (Ketua Umum Perhimpunan Bank Perekonomian Rakyat Indonesia), Eko B. Supriyanto (Chairman Infobank Media Group), dan Telisa Aulia Faliyanti (Akademisi FEB UI).

LPS Banking Award 2023 diharapkan akan semakin memotivasi bank-bank di Indonesia untuk terus berinovasi, mendukung literasi keuangan, serta menjaga integritas dan kepatuhan dalam pelaporan ke LPS. Penghargaan ini juga akan menjadi wadah yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sistem perbankan nasional. (ery)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *