NEWSPEDIA.ID – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali melanjutkan rangkaian roadshow Festival CreArtive LPS 2023 dengan menghadirkan peluang berharga bagi para kreator muda Yogyakarta. Kegiatan ini, bertajuk “Apakah Perlu Modal Besar Untuk Membuat Sebuah Film?”, telah memikat perhatian para insan kreatif di Bandung pada 27 September 2023 dan berlanjut di Yogyakarta pada Rabu (4/10/2023).

Dalam acara ini, LPS menghadirkan Sutradara Muda Fajar Nugros sebagai pembicara utama, yang juga merupakan dewan juri dalam Festival CreArtive LPS 2023. Nugros berbagi pandangan bahwa di era digital saat ini, kesempatan untuk berkarya sangatlah luas, dan kreativitas merupakan kunci sukses. Terkait modal, Nugros menekankan bahwa jika karya memiliki kualitas yang baik, investor akan datang dengan sendirinya.

“Bagi investor, yang penting adalah potensi bisnis. Oleh karena itu, kita harus mampu meyakinkan mereka bahwa karya kita bisa menguntungkan,” ujar Nugros dalam acara roadshow di Yogyakarta.

Lebih lanjut, Nugros menyoroti kompetisi Festival CreArtive yang tidak hanya memberikan peluang bagi insan kreatif untuk mengekspresikan diri tetapi juga menarik perhatian para profesional dalam industri ini, termasuk para pemilik modal yang ingin mendukung proyek kreatif.

Dalam acara tersebut, Nugros juga memberikan sejumlah tips kepada kreator muda Yogyakarta yang ingin membuat karya film dengan anggaran terbatas. Beberapa kiat yang disampaikan antara lain adalah perencanaan yang matang, kolaborasi, adaptasi teknologi, serta membangun jaringan atau komunitas.

Nugros menekankan pentingnya perencanaan yang cermat, di mana naskah harus sesuai dengan anggaran yang tersedia. Semakin matang perencanaan, semakin efisien pengelolaan anggaran, tambahnya.

Mengakhiri sesi, Nugros mengingatkan bahwa membuat film dengan anggaran terbatas mungkin memiliki tantangan, tetapi juga membuka peluang untuk berkreasi lebih bebas dan mengembangkan keterampilan. Yang terpenting adalah tetap bersemangat, kreatif, dan tekun dalam mewujudkan visi yang positif.

Sementara itu, Kepala Tim Komunikasi Publik LPS, Anggia Raniardhy, menekankan bahwa Festival CreArtive 2023 bukan hanya kompetisi video pendek dan poster iklan layanan masyarakat. Ini adalah perayaan kreativitas positif yang memberikan peluang bagi sineas independen dan kreator muda untuk bersaing secara sehat dan meningkatkan kemajuan industri seni dan kreatif di Indonesia.

LPS berkomitmen mendukung literasi dan inklusi keuangan di Indonesia dengan pendekatan kreatif. Roadshow ini akan dilanjutkan di Jakarta pada 17 Oktober 2023, dengan harapan akan melahirkan lebih banyak karya kreatif yang edukatif dan membangun kesadaran finansial di kalangan masyarakat.

Anggia berpesan, “Mari bersama-sama wujudkan kondisi finansial yang lebih sehat dan berkelanjutan di Indonesia.” (hp)

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan kompetisi dapat dilihat di  Situs Web Resmi LPS http://www.lps.go.id atau www.detik.com/festivalcreartivelps

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *