PROBOLINGGOTepat satu dekade pada bulan Desember 2022, NusantaRun kembali berlari seraya berbagi secara hybrid sepanjang 123 KM pada tanggal 2-4 Desember 2022 yang dimulai dari Blitar hingga Bromo yang menjadi titik finish. Sebanyak 82 pelari telah bergabung untuk berbagi sebagai fundraiser dari NusantaRun pada gelarannya yang kesepuluh. Selain berlari pada segmen ultra marathon dengan jarak 123 kilometer untuk kategori full course dan 65 kilometer untuk kategori half course, tahun ini seluruh pelari kembali diajak untuk menggalang dana yang bertujuan memberdayakan teman-teman autis yang juga berkolaborasi dengan organisasi Teman Autis guna mewujudkan program #AutisBerdaya. Kerja sama antara NusantaRun dengan Teman Autis melalui donasi yang dikumpulkan akan menghasilkan sebuah program layanan konsultasi online gratis secara reguler selama dua tahun bagi orang tua dan anak autis yang berdomisili di Blitar, Malang Raya, dan Probolinggo dengan fokus utama yang diperuntukan bagi keluarga prasejahtera. 

Jurian Andika, selaku Founder dari NusantaRun mengatakan, “Gelaran NusantaRun tahun ini yang memasuki tahun kesepuluh merupakan perayaan bagi orang-orang yang ingin terus berbagi kebaikan melalui kontribusi dalam memajukan pendidikan Indonesia mulai dari para pelari, seluruh relawan, maupun pihak lainnya yang turut andil dalam memberi dukungan. Kolaborasi kami dengan Organisasi Teman Autis merupakan perhatian kami pada daerah yang menjadi ‘tuan rumah’ dari NusantaRun chapter 10 ini. Sebanyak 692.860 penduduk Jawa Timur merupakan anak autis dan kami sadar betul bahwa untuk mendapatkan konsultasi dengan para ahli sehingga anak autis bisa mendapatkan penanganan terbaik membutuhkan biaya yang tidak murah, terlebih anak autis yang terlahir pada keluarga prasejahtera. Hal ini yang menjadi landasan bagi kami untuk mengajak masyarakat untuk berbagi melalui donasi agar kami dapat mewujudkan program konsultasi gratis bagi anak-anak autis sehingga mereka bisa mendapatkan kesempatan belajar, berkembang, hingga bekerja seperti anak anak lainnya.” 

Hasil penggalangan dana NusantaRun Chapter 10 nantinya akan dikelola oleh Organisasi Teman Autis yang dipantau secara berkala oleh tim NusantaRun agar visi serta misi dalam menciptakan #AutisBerdaya dapat tercapai. “Sebagai organisasi yang menjembatani informasi mengenai autisme kepada orang-orang agar lebih sadar dan paham mengenai autisme, Organisasi Teman Autis telah memberikan dukungan bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga dengan diagnosa autisme melalui berbagai cara mulai dari penyediaan platform yang dapat mempertemukan klinik atau fasilitas dengan orang tua anak autis serta memberi dukungan bagi anggota keluarga dengan diagnosa autisme. Kerja sama antara Teman Autis dan NusantaRun diharapkan bisa memberi dampak yang besar bagi keluarga yang memiliki anggota dengan diagnosa autisme. Bukan hanya pada mereka, kerja sama ini juga diharapkan bisa menjadi pintu pembuka bagi seluruh pelari, masyarakat umum, dan seluruh elemen lainnya dalam berbuat kebaikan,” kata Ratih Hadiwinoto, sebagai Inisiator & CEO dari Teman Autis. 

Para pelari berlari sepanjang 123 KM untuk wujudkan program #AutisBerdaya bagi anak autis di Jawa Timur.

Hingga tanggal 4 Desember 2022, NusantaRun telah mengumpulkan donasi dengan jumlah  Rp492,370,521 dari target Rp1,500,000,000 yang diberikan oleh 2377 #OrangBaik dalam mewujudkan #AutisBerdaya bagi keluarga pra sejahtera di Jawa Timur. Kontribusi baik ini terus dibuka hingga 4 Desember 2022 mendatang dengan cara mengunjungi situs kitabisa.com/nusantarun(hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *