JAKARTA – Berangkat dari keberhasilan peluncuran kampanye sustainability pada tahun 2022, Sociolla, peritel omni channel kecantikan terkemuka di Indonesia, melanjutkan komitmennya terhadap pengalaman belanja kecantikan yang sustainable bagi pecinta kecantikan melalui dikuatkannya kampanye Waste Down Beauty Up pada tahun 2023. Tidak hanya memimpin gerakan sustainability di industri kecantikan dengan tidak menggunakan bubble wrap, menggunakan kemasan ramah lingkungan serta mendorong perilaku cerdas dan bijak dalam berbelanja produk kecantikan, kini Sociolla juga memperluas inisiatif ini untuk diterapkan di seluruh gerai omnichannel Sociolla di Vietnam.
Saat ini isu mengenai sampah plastik telah menjadi prioritas tinggi sehingga pemerintah Indonesia turut menurunkan berbagai upaya untuk mengurangi sampah plastik yang berakhir di lautan hingga 70% pada tahun 2025.. Dalam upaya mengurangi sampah kemasan produk kecantikan, Sociolla awalnya meluncurkan kampanye sustainability pada tahun 2022 melalui Waste Down Beauty Up. Upaya ini kemudian dilanjutkan dengan Waste Down Kindness Up atas kerja sama dengan Sukin, brand perawatan kulit alami No.1 di Australia serta Waste4Change sebagai mitra pengelolaan sampah di tahun 2022 untuk membantu mendaur ulang sampah produk kecantikan menjadi materi bermanfaat. Hingga saat ini, hampir 25 ton limbah kecantikan telah dikumpulkan dari recycle station di 50 gerai omnichannel Sociolla di 30 kota di Indonesia dan telah mendapatkan partisipasi lebih dari 24.000 pecinta kecantikan dalam waktu kurang dari setahun sejak diluncurkan di Maret 2022.
Dengan harapan untuk mengedukasi dan mendorong lebih banyak pecinta kecantikan untuk bergabung, Sociolla tidak hanya melanjutkan kampanye ini di Indonesia tetapi juga memperluas jangkauannya dengan membawa kampanye Waste Down Beauty Up ini untuk diimplementasikan di 12 gerai omnichannel Sociolla di 4 kota di Vietnam. Dengan mengajak para pecinta kecantikan Vietnam untuk juga bergabung dan mengimplementasikan empat langkah pengalaman belanja kecantikan yang cerdas dan mindful melalui kampanye Waste Down Beauty Up, Sociolla bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang bagaimana kecantikan tidak harus boros serta pentingnya untuk mengurangi dan mendaur ulang sampah kecantikan dengan benar.
Social Bella Co-Founder & CMO Chrisanti Indiana menjelaskan gerakan Waste Down Beauty Up dari Sociolla. “Sociolla percaya bahwa industri kecantikan yang ramah lingkungan adalah satu-satunya cara untuk menciptakan masa depan yang lebih baik. Sebagai peritel omnichannel kecantikan terkemuka di Indonesia, kami juga merasa memiliki tanggung jawab yang besar untuk berperan dalam memimpin gerakan sustainability ini. Kami sangat bangga atas pencapaian kami sejauh ini dan seiring pertumbuhan kami di Indonesia dan Vietnam, kami terus memprioritaskan pengalaman belanja kecantikan terbaik yang juga mendorong perilaku sustainable secara holistik. Melalui inovasi dan rencana ekspansi lainnya tahun ini melalui Waste Down Beauty Up, kami berharap dapat menciptakan dampak positif yang lebih besar untuk melestarikan lingkungan dan bermanfaat untuk keberlangsungan industri kecantikan dalam jangka panjang bersama para pecinta kecantikan serta para mitra kami.”
Untuk merayakan Hari Peduli Sampah Nasional, gerakan Waste Down Beauty Up Sociolla tahun ini mencakup empat inisiatif utama untuk mendorong pengalaman belanja kecantikan yang cerdas sebagai berikut:
- Read Trusted Reviews (Membaca ulasan terpercaya): Pecinta kecantikan didorong untuk menerapkan perilaku belanja cerdas dan bijak sebelum membuat keputusan pembelian dengan membaca ulasan dan rating produk dari pengguna nyata di Aplikasi SOCO atau situs web Sociolla.
- Try Testers and Buy Minis (Mencoba produk tester dan membeli produk mini): Setelah membaca ulasan dan rating produk yang diinginkan, para pecinta kecantikan dapat mengambil langkah lebih lanjut lagi dengan mengunjungi gerai omnichannel Sociolla untuk memastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka:
- Mencoba produk skincare di Skin Shelf, mencoba produk makeup untuk mencari shade yang sesuai di Beauty Bar. Para Beauty Advisor di Sociolla akan membantu para pecinta kecantikan untuk mencoba produk tester dengan senang hati
- Membeli produk ukuran mini sebelum membeli produk ukuran besar untuk memastikan bahwa produknya sesuai untuk kulit
- Use Up Before You Stock Up (Menghabiskan produk yang sudah habis sebelum membeli yang baru): Upaya selanjutnya untuk mengurangi sampah kecantikan adalah untuk mendorong para pecinta kecantikan untuk menghabiskan produk kecantikan yang masih ada sebelum membeli yang baru untuk memaksimalkan pembelian sebelumnya dan menggunakannya sisa produk di bagian tubuh lainnya. Meskipun Sociolla merupakan peritel, namun tidak mendorong pembelian atas dasar FOMO (Fear Of Missing Out) akibat promosi skala besar, karena hal ini juga akan mengarah ke pemborosan bagi para pecinta kecantikan.
- Recycle Your Empties (Mendaur ulang kemasan produk kecantikan): Setelah menghabiskan produk kecantikannya hingga tetes terakhir, para pecinta kecantikan dapat mendaur ulang kemasannya di Sukin Recycle Station yang tersedia di gerai omnichannel Sociolla yang hadir di 30 kota dan membantu mengurangi sampah kecantikan yang berakhir di tempat pembuangan sampah setiap tahunnya. Inisiatif ini awalnya diluncurkan oleh Sukin, yang menghadirkan produk perawatan kulit dan perawatan pribadi yang alami sehingga tidak hanya baik untuk kulit, namun juga baik untuk bumi dan hewan.
- Kumpulkan semua kemasan produk kecantikanmu yang sudah habis dari brand apapun
- Bawa semua kemasan produk kecantikanmu ke Sukin Recycle Station di gerai omnichannel Store manapun
- Kamu akan mendapatkan 5 SOCO Poin untuk setiap kontribusimu dan mitra pengolahan sampah akan mendaur ulangnya menjadi materi berguna
Melanjutkan kerjasama dengan Sociolla untuk penerapan recycle station di gerai omnichannel Sociolla tahun ini, Virginia Woodger, Sukin Global Marketing Director, mengatakan “Menciptakan dampak yang berkelanjutan serta bermakna dalam melestarikan lingkungan untuk generasi mendatang dimulai dari kita dan pilihan yang kita buat hari ini. Melalui langkah-langkah mudah seperti menerapkan perilaku belanja yang bijak, beralih dari produk sintetis ke produk alami yang lebih baik bagi kita dan bumi, serta membiasakan diri mendaur ulang sampah kecantikan adalah langkah yang baik untuk mendorong lebih banyak orang mengurangi limbah dari berakhir di TPA dan di lautan kita. Sebagai brand yang berkomitmen pada praktik etis dan berkelanjutan dalam semua aspek produk, produksi, dan pengemasan kami, Sukin dengan senang hati melanjutkan kolaborasi kami dengan Sociolla dalam inisiatif ini. Kami turut senang bahwa kami telah mencapai lebih dari apa yang dapat kami bayangkan dalam tahun pertama diimplementasikan recycle station ini di Indonesia dan semoga kami dapat membuat lebih banyak pecinta kecantikan bersemangat untuk terlibat, dengan tujuan mencapai hingga 30 ton sampah kecantikan yang terkumpul pada akhir tahun.”
Kunjungi https://www.sociolla.com/promotion/waste-down-beauty-up untuk mengetahui lebih lanjut dan bagaimana bergabung dalam inisiatif ini. (hp)