NEWSPEDIA.ID – Telkomsel menggelar roadshow program Digital Creative Entrepreneurs (DCE) 2024 di Surabaya pada Rabu (24/1/2024). Roadshow ini dihadiri oleh 140 pelaku UKM dari wilayah Surabaya dan sekitarnya.

DCE adalah program CSR Telkomsel yang berfokus pada akselerasi transformasi digital di sektor Usaha Kecil Menengah (UKM). Program ini bertujuan untuk meningkatkan kapabilitas, kompetensi, dan kreativitas digital para pelaku UKM di Indonesia.

Pada tahun ini, DCE mengusung tema “Upgrade to Accelerate”. Program ini akan memberikan berbagai pelatihan dan pendampingan kepada para pelaku UKM untuk mengembangkan bisnisnya secara digital.

Dalam acara roadshow, Telkomsel menghadirkan sejumlah pembicara yang juga pelaku UKM sekaligus alumni DCE, di antaranya adalah Ryan Prabowo, Founder “Ayam Darmojo”, Harry A. Mawardi, 3rd DCE Head Mentor dan Founder “Amygdala Bamboo”, dan Duk Arif Susanto, Founder “Dus Duk Duk”.

Ryan Prabowo mengatakan, “DCE telah memberikan banyak manfaat bagi bisnis saya. Saya belajar banyak hal tentang digital marketing, branding, dan manajemen keuangan. Berkat DCE, saya bisa meningkatkan penjualan dan mengembangkan bisnis saya secara signifikan.”

Harry A. Mawardi menambahkan, “DCE tidak hanya memberikan pelatihan dan pendampingan, tetapi juga membangun komunitas UKM yang solid. Komunitas ini sangat membantu kami dalam bertukar ide dan pengalaman.”

Duk Arif Susanto mengungkapkan, “DCE telah memberikan saya kepercayaan diri untuk mengembangkan bisnis saya. Saya tidak lagi takut untuk bersaing dengan pelaku usaha lain.”

Telkomsel membuka pendaftaran program DCE hingga 27 Februari 2024 bagi UKM dari empat kategori Accelerate SME Tracks, yaitu:

  • F&B
  • Fashion
  • Craft
  • Personal Care

Selanjutnya, upaya akselerasi pertumbuhan bisnis UKM dalam program DCE ke-3 akan dilakukan melalui kegiatan-kegiatan berikut:

  • Onboarding bagi 300 peserta terseleksi dari seluruh pendaftar untuk mengenal lebih jauh ekosistem digital Telkomsel dan pemanfaatannya untuk pengembangan usaha.
  • Pitching Tracks bagi 32 peserta terpilih untuk penilaian business plan dan pemanfaatan digital dalam usahanya.
  • Academy bagi 12 peserta unggulan untuk membangun kapasitas bersama mentor dan ahli serta interaksi secara offline.
  • Awarding untuk final pitch dari 5 peserta terbaik.

“Kami berharap program DCE dapat mendukung UKM lokal agar dapat mencapai potensi maksimalnya, menciptakan dampak melalui inovasi yang inspiratif, serta memperkuat daya saing mereka di era ekonomi digital, baik di tingkat nasional maupun global,” kata Kuntum Wahyudi, General Manager Consumer Business Region Jawa Timur Telkomsel. (hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *