NEWSPEDIA.ID – Industri fesyen muslim semakin berkembang pesat di Indonesia, dan dalam mendukung pertumbuhan ini, Tokopedia telah mengambil inisiatif dengan berkolaborasi bersama pelaku usaha fashion muslim. Indonesia memiliki potensi besar sebagai produsen fesyen muslim berdaya saing global, dengan UMKM lokal berkualitas. Menanggapi hal ini, Tokopedia meluncurkan kampanye “Muslim Fash Forward” sebagai bagian dari upaya untuk menjadi platform inklusif yang memenuhi kebutuhan beragam masyarakat.

Menurut data internal Tokopedia, kategori produk seperti Dress Muslim Wanita, Perlengkapan Ibadah, Pakaian Muslim Anak, dan Pakaian Muslim Pria telah menjadi produk terpopuler dengan peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat di semester 1 tahun 2023 dibandingkan dengan semester 2 tahun 2022.

Aldhy Darmayo, Head of Category Development Tokopedia, menyatakan bahwa kampanye Muslim Fash Forward dilaksanakan dari 21 Agustus hingga 10 September 2023 dengan tujuan mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam mengakses produk fashion muslim. Kampanye ini melibatkan berbagai produk fashion muslim untuk wanita, pria, dan anak-anak, dengan promo menarik seperti flash sale mulai dari Rp1.000 dan clearance sale hingga 99 persen, serta promo eksklusif dari brand fashion terkurasi.

Dalam contoh nyata, DS Modest asal Kabupaten Bantul (D.I. Yogyakarta) dan Jenna & Kaia asal Kota Bandung (Jawa Barat) adalah UMKM lokal yang sukses mengembangkan bisnis mereka melalui platform digital Tokopedia. DS Modest bahkan berhasil meningkatkan omzet hingga Rp150 juta per bulan dengan memanfaatkan berbagai kampanye dan fitur Tokopedia.

Sementara itu, Jenna & Kaia juga mengalami peningkatan transaksi sebesar 30 persen setelah berpartisipasi dalam berbagai kampanye di Tokopedia. Langkah-langkah seperti memanfaatkan puluhan ibu di lingkungan sekitar Bandung untuk proses produksi dan menggunakan bahan dari pabrik di Bandung sebagai bahan baku telah membantu Jenna & Kaia mencapai keberhasilan.

Data internal Tokopedia juga mencatat adanya peningkatan transaksi untuk produk-produk seperti Mukena, Peci dan Kopiah, Mukena Anak, serta Sarung. Beberapa wilayah seperti Kabupaten Natuna (Kepulauan Riau), Kabupaten Mimika (Papua), Kabupaten Barito Selatan (Kalimantan Tengah), Kota Gunungsitoli (Sumatra Utara), dan Kabupaten Soppeng (Sulawesi Selatan) juga mengalami peningkatan transaksi yang signifikan.

Melalui inisiatif seperti kampanye Muslim Fash Forward, Tokopedia terus berkontribusi dalam mendukung UMKM lokal dalam mengembangkan industri fesyen muslim yang berkualitas dan berdaya saing di kancah global.(ery)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *