NEWSPEDIA.ID – Tokopedia, platform e-commerce terkemuka di Indonesia, merilis data tren belanja online selama kuartal III 2023, yang mencatat berbagai kategori produk yang paling laris di seluruh pulau Indonesia. Kepala Divisi Corporate Affairs Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, mengungkapkan bahwa kategori-kategori seperti Fesyen, Otomotif, Elektronik, Rumah Tangga, dan Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries menjadi favorit pembeli.

Rizky menjelaskan bahwa Tokopedia terus berupaya untuk membantu lebih dari 14 juta penjual di platform mereka, termasuk UMKM lokal, agar bisa memaksimalkan peluang usaha. Salah satu inisiatif unggulan adalah Hyperlocal berteknologi geo-tagging yang mendekatkan penjual dengan pembeli di seluruh Indonesia.

Pada momen menjelang akhir tahun, Tokopedia juga memberikan pendampingan bisnis online bagi UMKM lokal. Mereka menyediakan Pusat Edukasi Seller yang dapat diakses secara gratis untuk mendapatkan materi tentang pengembangan usaha.

Tokopedia bersama pemerintah daerah juga mengadakan Kelas Maju Digital untuk UMKM lokal di berbagai kota di Indonesia, seperti Jabodetabek, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, dan Denpasar.

Selain itu, Tokopedia juga membagikan tren pencarian masyarakat di berbagai pulau di Indonesia selama kuartal III 2023 dibandingkan dengan kuartal III 2022, sebagai referensi bagi UMKM untuk berjualan online menjelang akhir tahun.

Rizky juga menyoroti tren khusus di setiap pulau, seperti peningkatan pencarian produk olahraga seperti sepatu tenis di Sumatra Utara dan produk sembako di Sumatra Barat. Hal ini memberikan ide kepada UMKM pemula untuk memanfaatkan tren ini dalam menjalankan bisnis online.

Demikianlah upaya Tokopedia dalam mendukung UMKM lokal dan tren belanja online yang beragam di seluruh Indonesia selama kuartal III 2023. Tokopedia terus berkomitmen untuk memajukan ekosistem e-commerce di tanah air.(hp)

Teks foto : Tokopedia terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal di berbagai daerah di Indonesia agar masyarakat punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang, tanpa harus pindah ke kota besar. (istimewa)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *