NEWSPEDIA.ID – XL Axiata dan Huawei telah sukses menggelar uji coba langsung (live trial) jaringan, dan sekaligus menjadi yang pertama memulai penggunaan komersial untuk Network Digital Map di Asia Pasifik.

Network Digital Map ini merupakan solusi yang berbasis pada arsitektur jaringan (E2E) SRv6 end-to-end dan teknologi automasi software-defined networking (SDN). Solusi ini dapat membantu XL Axiata dalam memperkokoh fondasi digital untuk jaringan otonom miliknya, dengan berbagai keunggulannya, antara lain:

Visualisasi jaringan secara real-time: Network Digital Map mengumpulkan data jaringan kunci secara besar-besaran dalam waktu nyata, termasuk lalu lintas jaringan, pemanfaatan bandwidth, serta latensi, tingkat kehilangan paket, konfigurasi, dan status protokol tautan IP. Data ini kemudian divisualisasi dalam bentuk peta jaringan yang dapat diakses oleh pengguna kapan saja.

Pemeriksaan & pemberian jaminan kapasitas SLA pada layanan: Network Digital Map dapat digunakan untuk menghitung jalur terbaik untuk layanan jaringan, berdasarkan berbagai faktor, seperti latensi, bandwidth, maupun tingkat ketersediaan. Fitur ini dapat membantu XL Axiata dalam memastikan bahwa layanan jaringan yang diberikan kepada pelanggan memenuhi SLA yang telah disepakati.

Pengoptimalan jaringan otomatis berdasarkan insiden: Network Digital Map dapat secara otomatis mengoptimalkan jaringan ketika terjadi insiden, seperti gangguan jaringan atau peningkatan lalu lintas. Fitur ini dapat membantu XL Axiata dalam menjaga kualitas layanan jaringan secara konsisten.

Dengan adanya Network Digital Map, XL Axiata dapat memberikan layanan jaringan yang lebih baik kepada pelanggannya, baik itu pelanggan seluler, berskala perusahaan, maupun lingkup rumahan.

“Network Digital Map di Huawei iMaster NCE akan membantu XL Axiata membangun fondasi digital untuk jaringan otonom dan mewujudkan visualisasi dalam satu peta, demarkasi dalam satu menit, dan optimasi dalam satu klik,” ujar Hui Wang, Vice President Data Communication Product Line Huawei.

XL Axiata dan Huawei juga akan terus memperkuat jalinan kerjasamanya dalam mengembangkan solusi-solusi jaringan yang inovatif dan terdepan, untuk mendukung transformasi digital di kawasan Asia Pasifik.(hp)

Sharing is caring

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *